Tentang Ir. Muhaimin Iqbal

Dalam pentas perekonomian Islam di Indonesia, nama Muhaimin Iqbal merupakan sosok unik. Selain cukup produktif dalam menghasilkan karya-karya ilmiah, Iqbal juga praktisi bisnis yang dikenal sarat dengan ide-ide baru dalam bidang usaha perekonomian syariah. “Ia seorang yang luar biasa, terus berpikir dan berkarya,” ujar seorang dosen Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro yang sengaja menemui Iqbal di kediamannya di kawasan Depok.
Karya dan prestasi Iqbal tak lepas dari didikan masa kecilnya. Lahir di Nganjuk 17 Maret 1963, di lingkungan pesantren kecil yang dipimpin oleh ayahnya sendiri Imam Hambali, Iqbal — seperti santri pada umumnya — sejak kecil terbiasa sekolah dari pagi sampai malam. Pagi di sekolah umum, sore atau malam hari di madrasah. Di SMU Muhammadiyah I (MUHI) Jogjakarta, Iqbal berhasil menyelesaikan pelajarannya dengan nilai tertinggi di sekolahnya. Prestasinya menarik Prof. Andi Hakim Nasution – Ilmuwan Indonesia yang menjadi idolanya – untuk memberi kesempatan pada Iqbal masuk IPB tanpa tes. Di Jurusan Mekanisasi Pertanian IPB, tahun 1985, Iqbal lulus dengan nilai tertinggi, sejak jurusan itu berdiri 18 tahun sebelumnya.
Prestasi cemerlang semasa sekolah/kuliah juga memudahkannya berprestasi di dunia kerja. Dua puluh satu tahun di dunia kerja, hanya dalam bilangan bulan saja dia lalui sebagai pegawai biasa. Posisi manager dan general manager ditempuhnya sejak pertengahan usia 20-an sebelum akhirnya menduduki jabatan direksi pada usia 27 tahun di perusahaan jasa keuangan yang dikelola bersama mitranya yang rata-rata berkewarganegaraan asing. Di bidang risk management dan asuransi, Iqbal memperoleh pengakuan tertinggi dari lembaga profesi di New Zealand, Inggris, Australia dan Indonesia.

Back

Pengalaman Kerja :

  1. Technical Director (PT. Tugu Pratama Indonesia)
  2. President Director (PT. Asuransi Bintang Tbk)
  3. Chairmen (Komisaris Utama) (PT. Badr Interactive)
  4. Komisaris (PT. Sumber Daya Informasi)
  5. Chairman (Gerai Dinar Group)
  6. Faunder And Chairman (Natural Resourc Indonesia, PT.)
  7. Chairman (Indonesia Waqf Fund Foundation - Yayasan Dana Wakaf Indonesia)
  8. Chairman (AfterOil indonesia, PT.)
  9. Fonder (Coco Salad)
  10. Fonder And Chairman (iGrow Resources Indonesia)

Bidang Training :

  1. Risk management dan asuransi
  2. Ekonomi Syariah
  3. Pertanian
  4. Management UMKM

Pengalaman Training :

  1. Wirausaha Muslim
  2. Mastering Salam contract
  3. UMKM Indonesia Bangkit
  4. Qur’anic bioeconomy and digitalization