Coaching

Salah satu usaha untuk mengembangkan sumberdaya manusia adalah melakukan training atau pelatihan bahkan coaching, Tujuannya adalah pengenalan terhadap pekerjaan, tanggung jawab, pentingnya pekerjaan yang di embankan, cara mengatasi masalah yang mungkin terjadi dan lain sebagainya. Training sendiri dapat mengembangkan kompetensi seseorang, produktifitas dan keahlian tertentu yang di butuhkan sesuai kualifikasinya.

Tentunya untuk mencapai itu semua di butuhkan seseorang yang ahli dibidangnya untuk memberikan kita problem solving yang tepat, oleh karena itu perlunya sebuah coach untuk membantu seseorang menyelesaikan masalah dengan memberikan timbal balik pertanyaan kepada seseorang yang ahli tersebut, bukan hanya komunikasa satu arah tapi lebih ke percakapan eksploratif (dua arah) yang mampu menggali ide dan memperkuat keyakinan si penerima coaching untuk melakukan tindakan maksimal.

Pengalaman dengan beberapa klien menunjukkan tren yang positif, coaching terbukti mampu memperkuat kerjasama tim, meningkatkan efisiensi kerja dan mempercepat pencapaian target perusahaan ataupun individu seseorang. Bahkan seorang menejer tidak lagi hanya sekedar mengelola pekerjaan, bahkan mampu menjadi coach bagi teamnya dengan interaksi yang kolaboratif, sehingga pemecahan masalah tidak lagi bergantung pada satu orang melainkan melalui proses facilitation yang melibatkan partisipasi individu lainnya.

Ir. Muhaimin Iqbal

About :

Dalam pentas perekonomian Islam di Indonesia, nama Muhaimin Iqbal merupakan sosok unik. Selain cukup produktif dalam menghasilkan karya-karya ilmiah, ...

More info